UD. C76 (UD. Cemara Tujuh Enam) C76  Article Published 05 January 2018
 
Darimana timbulnya berbagai noda ketika menggunakan pelicin setrika ?
 
Pelicin Setrika merupakan produk Chemical yang cukup banyak dipergunakan oleh usaha laundry, dengan menggunakan pelicin setrika maka pekerjaan menggosok bisa terasa lebih mudah, lebih cepat dan lebih menyenangkan.
 
Penggunaan pelicin setrika pada dasarnya adalah aman dan baik digunakan, dan hanya dijumpai sedikit "masalah" yang diakibatkan oleh penggunaan pelicin setrika.
 
"Masalah" noda yang paling banyak ditemukan dilapangan berkaitan dengan penggunaan pelicin setrika diantaranya :
 
1. Pelicin Setrika menyebabkan timbulnya "noda" bintik bintik hitam
2. Pelicin Setrika menyebabkan timbulnya "noda" berwarna kuning sampai kecoklatan.
3. Pelicin Setrika menyebabkan timbulnya "bau apek" saat pakaian berada dalam kemasan plastik laundry.
 
Mari kita "kupas" masalah tersebut diatas satu persatu ...
 
1. Pelicin Setrika menyebabkan timbulnya "noda" bintik bintik hitam
 
Noda bintik bintik hitamPertama kali yang akan kita amati adalah timbulnya "semacam bintik bintik hitam" dari pelicin setrika, dan mengapa dapat terjadi noda bintik bintik hitam seperti itu ...
 
Noda bintik bintik hitam yang "diduga" diakibatkan oleh pelicin setrika ditengarai adalah jamur yang disebabkan oleh pelicin setrika yang tidak digosok dengan kering sempurna.
 
Pelicin setrika merupakan WATER BASED CHEMICAL, yang artinya bahan kimia yang dilarutkan dengan menggunakan AIR sebagai pelarut.
 
Air adalah media yang sangat baik untuk perkembangbiakan beraneka macam micro organisme termasuk jamur dan bakteri.
 
Pada saat pelicin setrika ini "tertinggal" pada serat kain akibat tidak dogosok dengan baik dan kering sempurna, maka pada bidang tersebut dapat menjadi media yang baik untuk bertumbuhnya jamur (yang tampak dipermukaan sebagaibintik bintik hitam)
 
Sangat penting untuk menggosok pakaian yang basah akibat pelicin setrika ini dengan baik dan licin sempurna untuk mencegah timbulnya noda sejenis. (bersambung)
 


Related Article